Tips Mengatasi Artikel Yang Hilang di Search Engine

Tips Mengatasi Artikel Yang Hilang di Search Engine

Susah juga bila salah satu artikel kita suatu ketika tidak ter-index lagi di Search Engine, apalagi artikel tersebut sebelumnya banyak pengunjungnya,prospek serta monetize . Contohnya banyak sekali dari temen bloger yang mengeluhkan tentang ini, posting sempat lenyap di Google beberapa minggu. Bahkan hampir semua keyword sakti yang terpasang dalam artikel blog sudah di ketikan pada kolom search…bahkan sampai pada posisi halaman 10, tetap nihil alias tidak muncul !

Dengan berbagai cara kita semua berusaha untuk memunculkan kembali artikel tersebut serta tetap berpikir, kenapa ya? Akhirnya beberapa hari yang lalu terjawablah sudah apa yang jadi jawaban dari kebingungan kita. Artikel sudah muncul kembali! Yach… meskipun tidak mencari menggunakan keyword andalan dan tidak berada dalam TOP TEN di SERP.

Berikut langkah-langkah Mengatasi Artikel Yang Hilang di Search Engine (khususnya Google) :

  • Pertama-tama kita meneliti kira-kira kata dan kalimat bahkan keyword apa yang bikin artikel tersebut ditendang oleh si mbah Google. kita hapus diantaranya yang tidak ada korelasi antara judul dan isi artikel. kita kurangi juga link-link keluar yang tidak perlu, sehingga artikel lebih nampak focus dan orisinil (SEO-On Page tidak berlebihan).

  • Re-submit sitemap blog-situs melalui akun Google menggunakan Webmaster Tools/Perangkat Webmaster. Sitemap kita update secara online lewat bantuan xml-sitemaps.com . download dan upload kembali sitemap lewat Filezilla ke root directory hosting. Masuk Dashboard > Site configuration > Sitemaps > centang sitemap.xml > klik Resubmit.


  • resubmit sitemaps
    Mendaftarkan kembali URL halaman artikel yang hilang itu melalui Dashboard > Diagnostics > pilih opsi Fetch as Googlebot > isi alamat web atau URL artikel > pilih Googlebot type: Web > klik Fetch. Kalo berhasil akan ditampilkan bahwa Fetch Status Success dan URL Submitted to index. Total proses resubmit sitemap dan resubmit URL memerlukan waktu paling cepat 24 jam atau lebih. Jadi harus sabar menunggu proses perubahan yang nanti akan terjadi.

  • Selang satu hari kita mulai reload sendiri pada browser beberapa kali halaman artikel yang bersangkutan, agar mulai dikenali kembali oleh Google.

  • Bersamaan dengan itu kita membuat gambar yang link-nya menuju artikel tersebut, sekalian buat promosi (contohnya masih bisa anda lihat diatas,tepatnya setelah Header dan sebelum kolom artikel).

  • Mencoba blogwalking, akhirnya kita tertarik tips memasang beberapa link keluar (menampilkan situs dengan ber-Page Rank tinggi) di bawah artikel. kita usahakan memasang link situs yang sesuai dengan tema artikel tersebut

  • Mencoba Googling lagi menggunakan keyword pilihan.

  • Praying then hoping and waiting…


  • Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat !

    + komentar + 4 komentar

    3 Maret 2012 15.51

    artikel yang bermanfaat banget nih, soalnya tulisan saya juga pernah ga terindeks di google..


    kunjungan balik dari Rinai Hujan :)

    4 Maret 2012 10.13

    mantap nih infonya,, ane coba dulu nih resubmit sitemap ane ke webmaster tools

    4 Maret 2012 11.18

    bagus infonya gan ...

    11 Maret 2012 22.37

    makasih atas infonya gan

    Posting Komentar

     
    Copyright © 2011. TSC - All Rights Reserved

    Distributed By Free Blogger Templates | Lyrics | Songs.pk | Download Ringtones | HD Wallpapers For Mobile

    Proudly powered by Blogger